Asal-Usul Wallpaper Dinding Pertama Kali

Asal-Usul Wallpaper Dinding, Dalam sebuah peradaban biasanya akan memunculkan sebuah teknoogi baru bisa berupa alat bangunan, alat yang membantu manusia. Sehingga perkembangan zaman terus memunculkan sebuah alat yang meringankan beban kerja manusia. Salah satunya yang kita bicarakan sekarang yakni wallpaper dinding.

Selanjutnya dalam kemajuan teknologi manusia juga akan terdistorsi dengan perkembangan zaman. Dikarenakan semua perkembangan belum tentu semuanya bisa mengikuti. Sehingga manusia akan mencoba beradaptasi dengan keadaan dunia ini. Dengan kemunculan wallpaper dinding sebagai alat pelapis dinding ruangan yang bisa memperindah ruangan.

Dimasa kemunculannya menurut penulis adalah sesuatu yang mewah bagi para kaum bangsawan. Mengingat wallpaper dinding merupakan sebuah terobosan baru dalam teknologi. Fungsinya yang begitu membantu ruangan lebih terkesan hidup ini bisa dirasakan oleh sebagian seseorang dan betapa bagus alat tersebut dalam mempermudah kerja manusia.

Walaupun fungsinya yang memperindah ruangan. Faktanya wallpaper dinding ini tak seperti cat tembok tinggal menguaskan ke dinding dan selesai. Rupanya semua orang ini tak tahu. Sehingga hasilnya tak maksimal ketika dipasang.

Baca Selengkapnya : Tips Cara Memasang Wallpaper Langsung Bisa dan Rapi!!!

Tetapi, memperindah tampilan dinding tak seperti dengan memoleskan cat tembok. Untuk memberi suasana dekoratif pada dinding agar bisa terkesan maksimal harus disesuaikan dengan perabot yang ada diarea tersebut. Wallpaper alias kertas dinding sendiri adalah kertas khusus yang fungsinya memperindah dinding ketika dipasang dengan cara menempelkannya pada dinding ruangan.

Wallpaper dinding hadir dalam beragam motif dan warna, sehingga bisa menyesuaikan selera dan konsep ruangan yang akan dihias. Disni dirumawallpaper.com ingin mengajak Anda mengenal lebih jauh seputar wallpaper dinding melalui sejarahnya. Yuk kita simak bagaimana sejarah wallpaper dari masa ke masa.

Perkembangan Wallpaper di dunia

Kami mengajak kalian semua melakukan kilas balik menuju era China kuno, dimana dari masa inilah wallpaper dinding pertama kali dikenal dan digunakan. 

Dahulu, pada tahun -+ 200 SM, orang-orang Cina mulai mengenal kertas dan menggunakannya untuk beragam keperluan, termasuk untuk menghias dinding. Saat itu, jenis kertas yang digunakan adalah kertas beras yang dihias dengan menggunakan cat aneka warna serta diberi bermacam motif, mulai dari gambar bunga, burung, lanskap, serta berbagai simbol agama.

Seiring berjalannya waktu, di abad pertengahan, ide untuk mempercantik tampilan dinding mulai meluas ke Eropa. Masyarakat kelas atas Eropa menggunakan tenunan permadani sebagai gantungan yang berfungsi menahan dingin serta kelembaban. Selain itu, mereka memanfaatkan tenun permadani gantung tersebut sebagai aksen untuk memberi desain dan warna yang dapat menyegarkan suasana tempat tinggal. 

Selanjutnya, wallpaper generasi terakhir muncul pada masa Louis XI. Saat itu, di tahun 1481, Raja Louis memerintahkan pelukis Jean Bourdichon melukis pada 50 gulungan kertas dengan desain malaikat. Lantaran hendak membawanya ikut berpindah kastil, Raja Louis memerintahkan agar wallpaper dinding tersebut dibuat portabel untuk mempermudah dibawa.

Barulah pada tahun 1739, wallpaper dicetak di Philadelpia, Amerika Serikat oleh Plunket Fleeson. Wallpaper cetak ini menjadi sangat populer pada tahun 1800-an, mengadaptasi desain kolonial Eropa. Sampai  pada tahun 1920-an di era Victoria, wallpaper benar-benar digandrungi. Bahkan masa ini juga dikenal sebagai Golden Age of Wallpaper dan konon jumlah wallpaper yang terjual diperkirakan mencapai 400 juta gulungan.

Seusai pecahnya Perang Dunia II, terjadi revolusi industri yang memunculkan resin plastik dengan keunggulan anti noda, dapat dicuci, kuat dan awet. Namun, karena era modernisme lebih menyukai keindahan hiasan ruangan yang berupa barang, wallpaper dinding sempat tidak disukai pada masa ini. Hingga memasuki abad ke-20 akhir ketika masyarakat kembali menyukai keindahan dinding yang bermotif, wallpaper pun diminati lagi hingga sekarang.

Demikian penjelasan dari kami, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi anda semua.