1. Jangan Pasang di Dinding yang Lembap

Sebelum memasang wallpaper, cek dulu kondisi tembok rumah Anda. Tembok yang lembap bukan medan yang baik untuk wallpaper. Kelembapan pada tembok akan membuat wallpaper yang Anda pasang menjadi cepat rusak dan berjamur. Untuk itu, perhatikan dengan baik kondisi kelembapan pada tembok. Jika tembok mempunyai kelembapan yang tinggi, akali dengan memberi lapisan dinding menggunakan cat khusus yang memiliki efek anti lembap.

Selain itu, sebelum pemasangan bersihkan dulu permukaan dinding dari debu, kotoran, atau lapisan cat. Untuk dinding baru, pastikan terlebih dahulu dinding sudah dalam keadaan yang benar-benar kering sebelum pemasangan.

2. Perhatikan Proses Pemasangannya

Merawat wallpaper harus dilakukan dari awal proses pemasangannya agar wallpaper bisa bertahan lebih lama. Walaupun terkesan mudah, ada baiknya Anda menyerahkan proses pemasangan wallpaper pada ahlinya. Biasanya, saat Anda membeli wallpaper Anda bisa meminta bantuan kepada penjual wallpaper dinding. Para penjual wallpaper banyak yang sekaligus menyediakan jasa pemasangannya. Hal ini penting untuk dilakukan agar wallpaper tetap terlihat baik dan tidak robek saat dipasang.

3. Teliti saat Proses Pengeleman

Setelah memperhatikan kondisi dinding, Anda juga perlu memperhatikan proses pengeleman wallpaper dinding agar dilakukan dilakukan dengan benar. Pengeleman wallpaper harus merata dan tidak meninggalkan celah. Jika tidak, bisa-bisa wallpaper tidak rapi dan menggelembung. Kondisi ini akan merusak keindahan wallpaper, sekaligus menyebabkan wallpaper cepat rusak. Selain itu, jika Anda ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus melepas wallpaper yang lama terlebih dahulu, baru menggantinya dengan yang baru.

4. Bersihkan Secara Rutin

Walaupun tak terlihat, debu tetap bisa menempel pada permukaan wallpaper. Jika dibiarkan terlalu lama dan menumpuk, debu bisa memberikan efek negatif pada penghuni. Untuk itu, Anda harus membersihkan debu-debu tersebut secara rutin. Anda cukup membersihkannya dengan kemoceng, vacuum cleaner atau kain lembut agar tidak menggores permukaan wallpaper.

Dengan menerapkan beberapa cara tadi dijamin wallpaper dinding Anda akan tetap terlihat indah dan bisa bertahan lama. Yuk, dicoba!